Ticker

6/recent/ticker-posts

Raja Simpang Matan Komentari Kerusakan Situs Simpang Keramat Akibat Ponton


Atas kerusakan kawasan situs Simpang Keramat akibat aktivitas ponton yang lalu lalang, Raja Simpang Matan yakni Gusti Muhammad Hukma juga ikut menanggapi. Saat ditemu pada 15  Juni 2023 beliau sedang rapat di Kantor Buapti Kayong Utara. kebetulan dalam rapat tersebut membahas  mengenai permasalahan aktivitas ponton yang berada di Sungai Simpang.

Dalam rapat tersebut dipimpin Oma Zulfiansyah sebagai Sekretaris daerah Kayong Utara, bagian aset, Kebudayaan, Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Bapeda, Camat Simpang hilir, Syahbandar, Yayasan Sultan Muhammad Jamaluddin, Perundohan Tanah Simpang, dan perwakilan dari perusahaan tambang yang beroperasi di Kecamatan Simpang Hilir.

Gusti Muhammad Hukma sangat prihatin atas aktivitas pontin yang merusak situs simpang keramat tersebut, ia meminta pada pihak yang terkait dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, dan perusahaan yang beraktivitas dengan ponton tersebut hendaknya segera memperbaiki situs yang abrasi  disebabkan aktivitas ponton tersebut.

“Mengingat kawasan situs Simpang Keramat adalah salah satu situs penting yang sudah masuk dalam databese Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kayong Utara, maka keberadaannya juga di lindungi secara peraturan dan perundang undangan, maka harus cepat para pihak untuk menyelsaikan permsalahan tersebut”.  pungkasnya.

Raden Jamrudin sebegai pengurus Yayasan Sultan Muhammad Jamaluddin juga memberikan komentar tegasnya terkait aktivitas tambang tersebut.

“ Kami tidak melarang untuk siapapun yang berusaha, termasuk perusahaan tambang. Tapi tolonglah hargai sedikit saja situs simpang keramat ini. Sebab situs ini adalah saksi sejarah dan memiliki nilai penting baik perjuangan maupun pembentukan masyarakat simpang pada hari ini. dari situs ini kami sekarang dan bap bapak semuanya ada. selain itu perjuangan perang belangkaet di mulai dari tempat yang hari ini kita lihat jelek ini”. pungkasnya

WK 2023

 


Posting Komentar

0 Komentar