Ticker

6/recent/ticker-posts

Alhamdulillah, Keraton Simpang Matan dianggarkan PEMDA KKU 500 Juta Tahun ini

Tidak lama lagi Keraton Kerajaan Simpang Matan akan segera dibangun melalui APBD Pemerintah Kabupaten Kayong utara pada tahun 2023. Dengan  lokasi di alun alun eks Kerajaan Simpang yang saat ini menjadi lapangan volly, serta kompleks pasar daerah Teluk Melano.

Informasi mengenai pembangunan ini ditandai dengan adanya rapat khusus antara pihak kerajaan Simpang Matan, atas nama Yayasan Sultan Muhammad Jamaluddin bersama Kepala Dinas Pendidikan serta bidang Kebudayaan pada tanggal 24 Mei 2023 di ruang Kepala Dinas Pendidikan.

Dalam rapat tersebut, Rahadi Usman selaku kepala dinas menyampaikan bahwa tahun 2023 ini Pemerintah Daerah Kayong Utara telah menganggarkan pembangunan Keraton Simpang Matan senilai Rp 500 Juta.

“kami menjalankan perintah dari pak Bupati untuk mengurus pembangunan Keraton simpang, dan alhamdulillah beliau serius dan sudah ada anggarannya.   Nilai anggaran 500 juta ini adalah dasar untuk pembangunan keraton awal, walaupun belum sempurna namun kedepan jika sudah berdiri, insyaallah akan ada lagi upaya berikutnya. Yang penting saat ini targetnya Keraton Simpang berdiri dahulu”. Pungkasnya


Dalam kesempatan tersebut Edy Rinaldi, selaku kepala bidang Kebudayaan juga menyampaikan bahwa penggaran tersebut, adalah bukti keseriusan pemerintah daerah mengenai pengembangan kebudayaan. Mengenai tekhnis bentuk dan design keraton ia juga menyampaikan semua diserahkan kepada pihak yayasan kerajaan.

“dalam waktu dekat kami bersama pihak yayasan akan turun lepangan memastikan lokasi yang juga terkait dengan beberapa aset pemerintah daerah, semoga saja tahu ini tidak ada halangan semuanya berjalan dengan lancar”. Ucapnya.

Gusti Muhammad Hukma sebagai raja simpang matan ke 8 merasa bersyukur atas niat baik pemerintah daerah Kayong Utara, yang mana pada tahun ini akhirnya menganggarkan pembangunan Keraton Simpang Matan.

“ Setelah rapat ini kami akan berunding kembali dengan kaum kerabat mengenai kabar baik ini, sekaligus merembukkan tekhnis pembangunan agar semua merasa memiliki, mohon doanya pada semua masyarakat  Simpang  dan Kayong Utara supaya  dapat berjalan dengan baik”. Ucapnya setalah rapat usai.

Amru Chanwari, sebagai sekretaris Yayasan Kerajaan Simpang , juga memberikan apresiasi yang setinggi tingginya pada PEMDA Kayong Utara yang telah menganggarkan di tahun ini untuk pembangunan Keraton Simpang.

“ inilah yang kami tunggu tunggu sebagai masyarakat Simpang sejak 16 tahun lalu saat yang mulia Gusti Muhammad Mulia dilantik menjadi Raja Simpang ke 7. Saat itu beliau dilantik dengan penuh rasa sedih sebab keraton yang dahulu ada kini telah berganti menjadi kantor pos sebab perpindahan kekuasaan. Maka beliau saat itu bercita cita mendirikan keraton namun hingga meninggal cita cita itu belum terwujud. Saat ini dimasa raja ke 8 alhamdulillah sebentar lagi akan terwujdu, dan semoga menjadi keberkahan buat PEMDA Kayong Utara serta kita semua, amieen”. Ucap Amru panjang lebar .

MH/26/05/2023

Posting Komentar

0 Komentar